Penggunaan Instagram meningkat lebih dari dua kali lipat selama bertahun-tahun. Dengan sedikit lebih dari 2 Miliar setiap bulan pengguna, banyak merek kini memanfaatkan lonjakan jumlah pengguna untuk menghasilkan penjualan bagi bisnis mereka.
Meskipun ada banyak merek yang sukses berkat fitur pemasaran Instagram, tidak semua orang bisa meraih kesuksesan di platform tersebut.
Dengan latar belakang inilah artikel ini bertujuan untuk berbagi tips bermanfaat yang dapat dicoba oleh merek untuk mendapatkan hasil terbaik dari pemasaran Instagram.
Oleh karena itu, jika Anda memiliki bisnis baru dan bertanya-tanya bagaimana cara mengembangkan portofolio Anda, Instagram adalah pilihan ideal. Apa strategi utama pemasaran Instagram? Kami menyelami detailnya!
1. Penggunaan Hashtag
Penggunaan hashtag adalah metrik ampuh yang kini digunakan banyak merek untuk menjangkau audiens tertentu. Umumnya, hashtag tidak hanya memudahkan pengguna menemukan konten Anda, tetapi juga meningkatkan visibilitas konten Anda di Instagram.
Meskipun ada banyak hashtag yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan konten Anda, hashtag tersebut harus relevan dengan merek Anda.
Misalnya, jika Anda berkecimpung dalam industri restoran, Anda terutama harus menggunakan hashtag dalam industri tersebut. Jika tidak, maka strategi hashtag Anda mungkin tidak menambah nilai bagi Anda Strategi pemasaran Instagram.
Jika Anda menggunakan hashtag yang salah, Anda mungkin tidak mendapatkan tingkat keterlibatan yang tinggi pada postingan Anda. Ini karena pengguna Instagram cenderung tidak berinteraksi dengan konten Anda. Dalam jangka panjang, Anda berpeluang kehilangan statistik pengguna yang penting.
Oleh karena itu, penting untuk menghindari penggunaan hashtag yang tidak relevan agar Anda tetap unggul. Postingan dengan hashtag yang kurang relevan menghasilkan keterlibatan tertinggi. Oleh karena itu, penting untuk selalu mencari hashtag yang tepat sebelum menggunakannya.
2. Gunakan Pesan Langsung
Instagram memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan langsung ke pengguna lain. Hal ini memudahkan merek untuk berinteraksi dengan pelanggan secara langsung. Namun, penting untuk diperhatikan kapan Anda harus berinteraksi dengan pelanggan melalui pesan langsung.
Beberapa skenario yang mungkin meminta Anda mengirim pesan ke pelanggan meliputi;
- Menanggapi pertanyaan pelanggan
- Jika pengguna mengungkapkan kekhawatirannya tentang produk atau layanan Anda.
- Jika Anda berniat berbagi diskon dengan pengguna
Memahami kapan Anda harus berinteraksi dengan audiens target melalui pesan langsung penting untuk menghindari perilaku yang mengganggu. Hal ini tidak hanya membahayakan reputasi Anda tetapi juga meningkatkan potensi mendapat reaksi negatif dari pelanggan.
Oleh karena itu kami mendorong Anda untuk memahami kapan perlunya mengirimkan DM kepada calon pelanggan untuk memulihkan hubungan baik dengan target audiens.
Meskipun mengirimkan DM mungkin tidak disukai di beberapa kalangan, ini adalah cara yang bagus untuk menunjukkan sisi kemanusiaan dari merek Anda. Dalam hal ini, pengguna cenderung memercayai dan terlibat dengan postingan Anda setelah mereka menyadari bahwa Anda siap untuk terlibat dengan mereka.
Berinteraksi dengan pelanggan secara langsung memainkan peran sentral dalam membangun kepercayaan dengan target audiens. Hal ini karena memberikan profil Anda sentuhan kemanusiaan yang sangat penting untuk pertumbuhan.
3. Cerita Instagram
Cerita Instagram adalah fitur populer yang kini dimanfaatkan pengguna untuk berbagi klip video dan slide foto. Manfaat utama Instagram Stories adalah biasanya ditampilkan di bagian atas feed Instagram pengikut.
Oleh karena itu, Instagram Stories tidak hanya penting dalam mendorong keterlibatan tetapi juga meningkatkan visibilitas dibandingkan dengan postingan biasa. Ditambah cerita hadir dengan serangkaian fitur yang tidak tersedia melalui postingan biasa. Fitur-fitur tersebut meliputi;
- Kemampuan menggambar di foto
- Tambahkan emoji dan stiker siap pakai
- Buat jajak pendapat yang dapat berinteraksi dengan pengguna
Fitur-fiturnya memungkinkan pengguna Instagram untuk berkreasi, tidak seperti postingan standar lainnya yang mungkin tidak dapat Anda lakukan banyak dengannya.
4. Penggunaan Foto Gaya Hidup Untuk Mempromosikan Produk Anda
Penggunaan konten gaya hidup dalam mempromosikan merek Anda memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan dengan target audiens. Ini berarti berbagi gambar orang-orang yang menggunakan produk Anda atau pengalaman mereka berinteraksi dengan merek Anda.
Karena Instagram memiliki visual yang berat, penting untuk lebih fokus pada konten visual. Jika Anda ingin meningkatkan keterlibatan, Anda harus mencoba melampauinya
Statistik pengguna Instagram saat ini menunjukkan bahwa platform tersebut mengontrol salah satu jumlah pengguna terbesar. Misalnya, Anda dapat memanfaatkan penggunaan konten buatan pengguna untuk membangun kepercayaan dengan audiens target.
Namun, meskipun memposting konten buatan pengguna di Instagram mungkin merupakan cara yang bagus untuk membangun kepercayaan pelanggan,
5. Manfaatkan Fitur Instagram Live
Ada banyak cara sebuah merek dapat berinteraksi dengan audiens targetnya melalui streaming langsung. Hal ini tidak hanya memainkan peran penting dalam membangun kepercayaan dengan audiens target tetapi juga memberikan sentuhan manusiawi pada bisnis.
Jika digunakan dengan benar, Anda mempunyai peluang untuk menarik audiens target yang merupakan unsur penting dalam membangun portofolio merek yang kuat.
Misalnya, Anda dapat menampilkan aspek di balik layar bisnis Anda. Hal ini mungkin termasuk pengenalan produk baru, promosi penawaran khusus, atau tutorial tentang cara menggunakan produk tertentu.
Untuk hasil yang lebih baik dengan Instagram Live, penting untuk memulai dengan mempromosikan streaming langsung terlebih dahulu sebelum Anda memulai.
Ini memudahkan pengikut untuk meluangkan waktu dan menonton konten Anda. Jika tidak maka Anda mungkin tidak dapat mencapai tujuan yang diinginkan.
Untuk menghindari masalah dengan pengikut, Anda dapat memilih untuk memfilter komentar yang tidak pantas agar tidak muncul di layar selama streaming langsung.
Hal ini menyelamatkan Anda dari bahaya berurusan dengan pengikut kasar yang mungkin memiliki agenda tersembunyi, terutama pesaing yang mungkin mensponsori pengguna lain untuk mendiskreditkan merek atau layanan Anda.
6. Pemasaran Influencer
Pemasaran influencer adalah salah satu strategi paling ampuh yang kini digunakan banyak merek untuk membangun portofolio bisnis mereka.
Umumnya, influencer memiliki pengikut yang kuat yang dapat Anda manfaatkan untuk mempromosikan merek Anda dan membangun kepercayaan dengan audiens target.
Kabar baik tentang pemasaran pengaruh adalah mereka memiliki basis penggemar setia. Ini berarti mereka cenderung terlibat dan membeli produk Anda. Faktanya, jika Anda baru memulai pemasaran Instagram, Anda dapat memanfaatkan layanan influencer untuk menciptakan kesadaran merek.
Namun, tidak semua influencer dapat memberi nilai tambah pada merek Anda. Oleh karena itu, penting untuk bermitra dengan influencer di niche Anda. Ini adalah strategi paling efektif yang dapat Anda manfaatkan untuk mengembangkan portofolio merek Anda.
Baca Juga: Ulasan Sflix: Apakah Aman? Alternatif
Kesimpulan
Pemasaran Instagram mungkin menantang jika Anda gagal melakukannya dengan benar. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan strategi pemasaran yang efektif agar Anda bisa mendapatkan hasil maksimal dari pemasaran Instagram. Jika tidak, Anda mungkin tidak dapat mencapai banyak hal dengan pemasaran Instagram.
Kabar baik tentang pemasaran Instagram adalah hemat biaya. Baik Anda bekerja dengan anggaran terbatas atau tidak, Anda dapat dengan mudah menjalankan strategi pemasaran Instagram yang sukses tanpa mengeluarkan banyak uang.
Oleh karena itu, baik Anda memiliki bisnis yang sudah mapan atau baru mengenal pemasaran digital, Instagram hadir dengan fitur-fitur hebat yang dapat Anda manfaatkan untuk membawa bisnis Anda ke level berikutnya.
Selain membangun portofolio merek yang kuat, pemasaran Instagram dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas. Dalam jangka panjang, Anda tidak hanya memiliki peluang untuk mengembangkan portofolio merek Anda tetapi juga membangun kepercayaan dengan target audiens.